Galeri Benda Tertua Yang Pernah Ditemukan di Dunia

Berbagai benda telah ditemukan manusia demi mengungkap sejarah masa lalu. Beberapa di antaranya cukup mencengangkan. Mulai dari yang berumur ribuan hingga jutaan tahun.
 
Sebuah kaki palsu ditemukan di pemakaman kuno di Mesir. Diperkirakan usia alat yang terbuat dari kayu ini adalah hampir 3000 tahun. Pemakai alat bantu jalan ini diperkirakan seorang perempuan yang hidup sekitar 950 tahun sebelum masehi.

 
Kristal Zircon ini konon yang material bumi yang tertua di dunia. Saat dilakukan, batu yang ditemukan di wilayah utara Perth, Australia ini berusia 4,4 miliar tahun. Ini hampir sama dengan usia bumi yang telah terbentuk sejak 4,5 miliar tahun lalu.

 
Ditemukan pada tahun 1993 di sebuah goa, kerangka ini menjadi sampel DNA tertua yang pernah diambil. Diduga manusia ini terjatuh di sebuah sumur sekitar 150 tahun yang lalu di daerah selatan Italia. Manusia purba jenis Neanderthal ini ditemukan sudah menyatu dengan dinding-dinding goa tersebut.

 
Ini mungkin penemuan benda kuno paling konyol. Sejumput ganja kering ditemukan di pemakaman tua di Gurun Gobi. Mereka meyakini ini setelah serangkaian tes mereka lakukan di laboratorium. Lebih mencengangkan lagi, usia bahan adiktif ini mencapai 2700 tahun.

 
Mungkin ini terlihat seperti batu biasa. Namun, tidak tahukah kamu bahwa ini adalah alat bantu manusia paling tua di dunia? Usia alat bantu ini mencapai 3,3 juta tahun. Ditemukan di dekat danau Turkana, Kenya, diduga alat ini digunakan oleh manusia purba Australopithecus.

 
Ditemukan di reruntuhan kuno Babilonia, manuskrip ini ternyata berisi surat protes. Usia lempengan ini adalah 3750 tahun. Setelah diterjemahkan, isi dari surat protes tertua di dunia ini adalah tentang kesalahan pengiriman cangkul ke seorang petani di sana.

 
Kamu pengguna pisau lipat serba guna? yang satu ini mungkin adalah yang tertua di dunia. Jauh sebelum sebuah merek pisau lipat terkemuka itu diproduksi. Ditemukan di reruntuhan Romawi kuno, usia dari alat serba guna ini mencapai 1800 tahun.

 
Ini adalah lagu yang berusia 3400 tahun. Sebuah bongkahan batu ditemukan di Suriah, tepatnya di kota kuno Ugarit. Saat diteliti, ternyata ini adalah not balok sebuah lagu. Selesai diterjemahkan, lagu ini berisi pujian terhadap istri Dewa Bulan bernama Nikal. Membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk mengungkap kembali manuskrip kuno tersebut.


 http://plus.kapanlagi.com/foto/35971benda_tertua_di_dunia-20150422-007-rita.html

0 komentar:

Posting Komentar