10 Foto Terbaik Peraih Pulitzer

Penghargaan Pulitzer adalah penghargaan tertinggi di bidang jurnalisme di Amerika Serikat. Penghargaan ini juga diberikan untuk kategori bidang sastra dan komposisi musik. Josep Pulitzer adalah jurnalis dan pemilik surat kabar yang menciptakan penghargaan ini yang dimulai pada tahun 1917.
Ada 21 kategori yang diberikan dalam penghargaan tersebut, dan salah satunya adalah kategori foto. Dalam kategori ini masih dibagi lagi menjadi 2 kategori, yakni Feature Photography dan Breaking News Photography. Berikut 10 foto terbaik yang pernah meraih penghargaan Pulitzer.

1. Wabah Ebola di Afrika (2015).

Hasil gambar untuk foto foto peraih pulitzer dari tahun ketahun

Daniel Berehulak, seorang fotogafer freelance dari The New York Times memenangkan penghargaan kategori Feature Photography 2015. Fotonya mengambil tema wabah Ebola di Afrika Barat. Ia memotret seorang bocah yang diboyong dua petugas dengan pakaian pelindung lengkap.

2. Sembunyi dari Serangan Teroris (2014).

sumber: framework.latimes.com

Fotografer dari New York Times Tyler Hicks menerima penghargaan untuk kategori Breaking News Photography setelah memotret serangan teroris di Kenya. Foto itu memperlihatkan perempuan dan anak-anak yang bersembunyi di pusat perbelanjaan Westgate saat serangan militan di Nairobi, Kenya, pada 21 September 2013.

3. Tentara Pemberontak Suriah (2013).

sumber: pulitzer.org

Pada kategori Feature Photography 2013, fotografer freelance Javier Manzano berhasil memenangkan penghargaan bergengsi ini. Manzano, menjadi fotografer paruh waktu pertama dalam 17 tahun yang memenangkan Pulitzer. Karyanya menampilkan 2 tentara pemberontak Suriah dengan cahaya yang masuk melalui lubang peluru di dinding.

4. Ekspresi Memilukan Gadis Afganistan (2012).

sumber: pulitzer.org

Massoud Hossaini dari Agence France Press berhasil memenangkan kategori Breaking News Photography pada 2012. Foto yang diambil di Kabul, Afghanistan pada Desember 2011 itu terlihat, seorang gadis berusia 12 tahun bernama Tarana Akbari tengah menangis di antara tubuh-tubuh yang berlumuran darah sesaat setelah serangan bom terjadi.

5. Berlutut di Depan Peti Mati Anak (2011).

sumber: pulitzer.org

Dalam foto ini tampak seorang pria berlutut di depan peti mati anaknya yang menjadi korban penembakan di Los Angeles. Foto ini diambil oleh Barbara Davidson dari Los Angeles Times, ia berhasil memenangkan kategori Feature Photography.

6. Menyelematkan Wanita yang Hanyut di Sungai (2010).

sumber: pulitzer.org

Mary Chind seorang fotografer wanita dari The Des Moines Register berhasil memenangkan kategori Breaking News Photography pada 2010. Ia berhasil menangkap momen dramatis dari usaha seorang pekerja konstruksi untuk menyelamatkan seorang wanita yang hanyut di sungai.

7. Fotografer Tewas Saat Meliput Demonstrasi (2008).

Hasil gambar untuk foto Fotografer Tewas Saat Meliput Demonstrasi (2008) pulitzerGambar terkait

Adrees Latif dari kantor berita Reuters memenangkan kategori Breaking News Photography di tahun 2008. Ia menangkap momen saat Kenji Nagai, fotografer asal Jepang tergeletak di jalan akibat luka tembak, saat meliput demonstrasi di Myanmar. Walau sedang terluka Nagai tetap mengambil gambar, hingga akhirnya Nagai tewas karena luka yang cukup parah.

8. Wanita Melawan Tentara (2007).

sumber: imgarcade.com

Foto yang berhasil mendapatkan Pulitzer Breaking News Photography 2007 ini, menggambarkan seorang wanita Yahudi melawan sekelompok tentara Israel yang sedang menertibkan penghuni liar di West Bank. Foto ini dipotret oleh Oded Balilty dari Associated Press

9. Seorang Bocah di Atas Kereta (2003).

Gambar terkait

Don Bartletti dari Los Angeles Times berhasil memenangkan kategori Feature Photography pada tahun 2003. Dalam fotonya tampak seorang bocah laki-laki asal Honduras duduk di atas kereta api. Bocah itu menempuh lebih dari 1.500 mil perjalanan di atas kereta. Dia pergi ke Amerika Serikat untuk mencari orang tuanya yang menjadi imigran.

10. Bencana Kelaparan di Sudan (1994).

sumber: emu.dk

Foto pemenang Pulitzer kategori Feature Photography tahun 1994 ini merupakan salah satu foto paling kontroversial. Foto yang diambil oleh Kevin Carter, seorang fotografer freelance ini diambil pada saat bencana kelaparan di Sudan. Di foto, tampak seorang anak merangkak menuju pengungsian Perserikatan Bangsa-Bangsa. Di sebelah anak bertubuh kurus itu terlihat seekor burung bangkai yang sedang menunggu anak itu mati untuk dimakan. Foto ini membuat terkejut seluruh dunia, Kevin Carter mendapat banyak kecaman karena tidak menyelamatkan anak tersebut. Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang terjadi pada anak itu, termasuk Kevin Carter yang meninggalkan tempat segera setelah foto diambil. Seminggu setelah Carter mendapatkan penghargaan, dia akhirnya bunuh diri, karena rasa bersalah yang teramat dalam.

2 komentar:

  1. https://thina-holmes.blogspot.com/2018/03/10-film-yang-menginspirasi-pembunuhan.html?showComment=1552202658619#c671328832696269699

    BalasHapus