Wajah Terbakar Parah, 1 Tahun Menanti Donatur Kulit, Patrick Akhirnya Bisa Tersenyum

Sekedar berhati-hati dan waspada dalam menjaga keselamatan diri sendiri dan orang terdekat bukan jaminan kita akan terhindar dari bahaya, Ladies. Pekerjaan dan hal-hal tidak terduga lainnya kerap memaksa kita untuk melalui berbagai hal mengerikan. Ini terjadi pada Patrick Hardison, saat itu ia sedang bertugas sebagai seorang pemadam kebakaran, dan berusaha menyelamatkan seorang wanita yang ia yakini terjebak di dalam sebuah rumah yang sedang terbakar. Patrick pun seolah dipanggang saat wajah dan kulit kepalanya terbakar, dan ia mengalami luka bakar tingkat 3, seperti dilansir Bbc.com.


Patrick Hardison sebelum wajahnya terbakar | copyright Bbc.com/APPatrick Hardison sebelum wajahnya terbakar | copyright Bbc.com/AP
Untuk mengembalikan wajahnya ke bentuk semula, Patrick harus masuk daftar antrian, dan menunggu donatur untuk menyelamatkan penampilannya. Mendapatkan donatur yang tepat juga tidak mudah, Ladies. Selain donatur dan penerima donor harus memiliki golongan darah yang sama, keduanya juga harus memiliki warna kulit dan rambut yang sama.
Penantian itu pun berakhir saat maut merenggut nyawa David Rodebaugh, yang meninggal dengan luka parah akibat kecelakaan saat bersepeda.


David Rodebaugh, pria baik hati yang mendonorkan organ tubuhnya untuk orang-orang yang membutuhkan | copyright copyright Bbc.com/APDavid Rodebaugh, pria baik hati yang mendonorkan organ tubuhnya untuk orang-orang yang membutuhkan | copyright copyright Bbc.com/AP
Pada bulan Agustus lalu, operasi pemulihan wajah Patrick pun dilakukan oleh tim bedah plastik NYU Langone Medical Center. Prosedur ini cukup berbahaya dan dinilai hanya akan memiliki kemungkinan keberhasilan sebesar 50%. Tim pun dibagi menjadi 2, 1 tim menangani pendonor, dan 1 lagi menangani penerima donor. Operasi tersebut berjalan lancar, dan kini 3 bulan sudah waktu berlalu.
Setelah 3 bulan menjalani operasi bernilai jutaan dollar itu mungkin Patrick bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, bukan hanya selama sisa hidupnya ia harus menerima suntikan anti-rejection untuk mencegah sistem kekebalan tubuhnya dari menolak transplantasi, tapi juga karena ada bahaya lain yang mengancam. Sekitar 5 orang yang telah menjalani operasi serupa meninggal dunia, karena jaringan baru itu ditolak oleh tubuhnya.


copyright Bbc.com/APcopyright Bbc.com/AP
Menurut dokter yang mengoperasinya, Eduardo Rodriguez, kini Patrick dalam keadaan baik saat memasuki hari ke 93 pasca operasi. Prosedur operasi itu telah berhasil mengembalikan kelopak matanya, kemampuannya untuk berkedip, bahkan Patrick juga sudah memiliki rambut, alis, dan daun telinga.
Perjuangan memang belum berakhir, Patrick masih harus menjalani beberapa operasi lagi untuk mengembalikan kulit yang hilang di bagian mata dan bibir. Namun ia sangat bersyukur dengan kondisinya sekarang dan sangat berterima kasih kepada David dan tim dokter. "Mereka bukan hanya memberiku wajah baru, tapi mereka juga memberiku hidup yang baru," katanya.
Selamat atas wajah barunya, Patrick. Semoga wajah baru ini membuat hidupnya berjalan lebih baik, kondisi kesehatan Patrick semakin membaik, juga serangkaian operasi yang akan dilakukan dapat berjalan lancar. Terima kasih, David ...

0 komentar:

Posting Komentar