Penyakit TBC, Pemusnah Massal Eropa Abad Ke-18

Tuberkulosis (Tuberculosis, disingkat Tbc), atau Tb (singkatan dari "Tubercle bacillus") merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium tuberculosis (disingkat "MTb" atau "MTbc"). Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya. Para ahli percaya bahwa sepertiga populasi dunia telah terinfeksi oleh M. tuberculosis, dan infeksi baru terjadi dengan kecepatan satu orang per satu detik. Pada tahun 2007, diperkirakan ada 13,7 juta kasus kronis yang aktif di tingkat global. Pada tahun 2010, diperkirakan terjadi pertambahan kasus baru sebanyak 8,8 juta kasus, dan 1,5 juta kematian yang mayoritas terjadi di negara berkembang.

Konsumsi, phthis, penyakit kelenjar, penyakit Pott, dan Wabah putih adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tuberkulosis atau TBC sepanjang sejarah. Hal ini berlaku umum bahwa mikroorganisme berasal dari organisme lain yang lebih primitif dari genus Mycobacterium yang sama. Pada tahun 2014, hasil studi DNA baru dari genom TB direkonstruksi dari sisa-sisa di selatan Peru menunjukkan bahwa tuberkulosis manusia berusia kurang dari 6000 tahun. Para peneliti berteori bahwa manusia pertama yang terjangkiti diperoleh di Afrika sekitar 5000 tahun yang lalu. Hal ini menyebar ke manusia lain di sepanjang rute perdagangan. Hal ini juga menyebar ke hewan peliharaan di Afrika, seperti kambing dan sapi. Anjing laut dan singa laut yang dibesarkan di pantai Afrika diyakini telah mengakuisisi penyakit dan membawanya melintasi Atlantik ke Amerika Selatan. Pemburu akan menjadi manusia pertama yang terjangkiti penyakit ini.

Wabah Penyakit TBC Abad Ke-18

Baru - baru ini, tim peneliti yang dipimpin oleh University of Warwick mengungkapkan sebuah rahasia besar yang selama ini tersimpan di dalam makam abad ke-18 di gereja Dominika dari Vác di Hungaria. Mayat yang tersimpan selama 200 tahun tersebut menyimpan misteri bagaimana mereka meninggal. Sebuah studi baru yang diterbitkan di Nature Communications merincian bagaimana sampel yang diambil dari tubuh mumi secara alami ditemukan di makam yang berisi 14 genom TBC, menunjukkan bahwa infeksi menyeluruh ketika TB berada di puncak prevalensi di Eropa.


Profesor Pallen dari Warwick Medical School, mengatakan penemuan itu sangatlah penting untuk pengendalian infeksi baik saat ini dan masa depan serta diagnosisnya. Tim menggunakan abad ke-18 mengurut sampai saat dimana asal garis keturunan dari jenis TB umum ditemukan di Eropa dan Amerika untuk periode Romawi akhir, yang cocok dengan saran kontroversial baru-baru ini bahwa asal muasal dari semua jenis TB yang terjadi baru-baru ini berasal dari enam ribu tahun yang lalu.

Dalam hal mencari jalan keluar dalam penanggulangan TB ini para ilmuwan menggunakan teknik yang disebut "metagenomics" untuk mengidentifikasi DNA TB dari spesimen sejarah - yaitu sequencing langsung DNA dari sampel tanpa ada bakteri tumbuh atau sengaja memancing keluar TB DNA. Pendekatan ini mengacu pada throughput yang luar biasa dan kemudahan penggunaan teknologi sekuensing DNA modern.

Dari pendalaman kasus terhadap mayat yang ditemukan tersebut, terungkap bukti adanya hubungan kedekatan antara penyakit dari pada ibu usia paruh baya dan putrinya yang sedang dewasa, hal ini menunjukkan kedua anggota keluarga tersebut meninggal karena infeksi tersebut. Sampel mikrobiologis analisis dari pasien TBC pada umumnya biasanya hanya berupa serangan tunggal TB per pasien. Namun hal ini justru sebaliknya, lima dari delapan mayat dalam penelitian tersebut menghasilkan lebih dari satu jenis TB. Dan dari satu orang individu diperoleh bukti tiga jenis serangan TB yang berbeda.
Metagenomic merupakan teknik untuk mengidentifikasikan DNA pada TB dengan cara sequencing secara langsung pada spesimen sejarah tanpa ada bakteri tumbuh untuk memancing DNA TB keluar. 

Kejadian ini diluar dugaan dari yang selama ini di asumsikan. Dari mana dan bagaimana mereka dapat terjangkiti penyakit TB tersebut. Bahkan serangan ganda dari dua jenis TB masih sulit untuk di percaya. Mungkinkah penyakit ini terus mengalami evolusi sepanjang masa atau mereka berevolusi sendiri ketika memasuki tubuh manusia. Atau memang karena adanya hambatan populasi pada penyakit ini sehingga patogen manusialah yang menyebabkannya.

Asal Usul Penyakit TBC


Sebuah penelitian ilmiah menyelidiki asal usul evolusi dari Mycobacterium tuberculosis complex dan telah menyimpulkan bahwa nenek moyang terbaru dari TBC adalah patogen tertentu manusia, yang mengalami hambatan populasi. Analisis dari unit Mycobacterial Interspersed Repetitive telah memungkinkan penanggalannya sekitar 40,000 tahun yang lalu, yang sesuai dengan periode berikutnya untuk ekspansi Homo sapiens diluar dari Afrika. Analisis unit Mycobacterial Interspersed Repetitive mikobakteri ini juga menanggalkan garis keturunan Mycobacterium bovis yang tersebar sekitar 6000 tahun yang lalu, yang mungkin berhubungan dengan domestikasi hewan dan pertanian awal.

Hubungan sebab - akibat bisa dijadikan sebagai acuan dalam melihat lebih dalam mengenai TB dan kejadian-kejadian sepanjang sejarah epidemi dari serangan TB. Dengan menunjukkan bahwa sejarah penyakit dapat secara akurat dipetakan ke garis keturunan kontemporer, para peneliti telah mengesampingkan kejadian pada awal Eropa modern dan jenis skenario yang baru-baru ini diusulkan untuk Amerika - yang merupakan pengganti semua dari satu garis keturunan utama oleh orang lain - dan telah dikonfirmasi bahwa kelangsungan genotipe infeksi yang telah menghancurkan jantung kehidupan Eropa ternyata telah ada sejak zaman prasejarah.

Dengan bangkitnya penyakit TBC di banyak belahan dunia, perjuangan untuk memerangi penyakit kuno ini masih jauh dari harapan. Pendekatan metagenomik dapat mendokumentasikan infeksi masa lalu, dapat mengidentifikasi dan mengkarakterisasi patogen dalam sampel kontemporer, sehingga pendekatan tersebut segera mungkin juga menginformasikan diagnosis dan kontrol dari penyakit menular saat ini dan masa depan.
 
http://www.isains.com/2015/04/penyakit-tbc-pemusnah-massal-eropa-abad.html

0 komentar:

Posting Komentar