Ini 6 Soal Matematika dengan Hadiah Rp 83,3 Miliar

Hasil gambar untuk soal matematika yang belum terpecahkan]

Ada 7 soal matematika yang sangat sulit dan disayembarakan dengan nilai masing-masing soal sebesar USD 1 juta. Baru 1 dari 7 soal itu yang terpecahkan. Berarti, masih ada USD 6 juta tersisa. Tertarik?

Adalah The Clay Mathematics Institute (CMI) yang menggelar sayembara bernilai total lebih dari Rp 97 miliar itu (kurs Bank Mega 22 Desember 2015. USD 1 = Rp 13.882,00). CMI adalah lembaga privat yang berdedikasi untuk menyebarluaskan dan meningkatkan pengetahuan matematika dunia.

Ada 7 soal yang disayembarakan oleh CMI. Masing-masing soal berhadiah USD 1 juta atau Rp 13,8 miliar lebih. Selama 15 tahun sayembara itu digelar, baru satu soal yang berhasil diselesaikan, yaitu soal Konjektur Poincare. Pemecahnya adalah Matematikawan Rusia Grigori Perelman.

Grigori mempublikasikan jawaban atas Konjektur Poincare pada 2002. Tapi baru empat tahun kemudian, setelah dipelototi jago-jago matematika, solusi Grigori diakui kebenarannya. Apa reaksi Grigori setelah dirinya dinyatakan memenangkan sayembara? Di luar logika umum, Grigori menolak hadiah serta ketenaran yang menantinya dan memilih menyepi di sudut Rusia.

"Aku tak tertarik pada uang dan ketenaran.... Aku juga tak suka dipamerkan seperti hewan di kebun binatang," kata Grigori seperti dikutip BBC.

Bagaimana dengan soal-soal lain yang belum terpecahkan? Masih menunggu jenius lain untuk memecahkannya. Berikut 7 soal bernilai puluhan miliar itu:

1. Konjektur Hodge
2. Hipotesis Riemann
3. Konjektur Poincare (dipecahkan Grigori Perelman)
4. Konjektur Birch-Swinnerton Dyer
5. Masalah P vs NP
6. Pembuktian Teori Matematis Yang-Mills and Mass Gap
7. Persamaan Navier-Stokes


Keterangan : 

1. Dalam matematika, konjektur hodge adalah masalah utama yang belum terpecahkan dalam bidang geometri aljabar. 

2. Dalam matematika, hipotesis riemann merupakan dugaan tentang lokasi dari angka nol yang menyatakan bahwa semua nol 
non-trivial memiliki bagian nyata 1/2.

3. konjektur poincare, masalah tiga badan topologi relativitas istimewa 

4. konjektur Brich - swinnerton Dyer, masalah pada kurva elliptik (elliptic curve). 

5. masalah P vs NP, masalah terbagi dua yaitu masalah P dan masalah NP.
-masalah P adalah masalah dimana terdapat metode untuk mendapatkan solusinya.
-masalah NP adalah masalah yang solusinya didapat dengan cara coba-coba. 

6. Dalam fisika, teori yang-Mills klasik adalah generalisasi dari teori elektromagnetisme maxwell dimana medan elektromagnetik khorum itu sendiri membawa dugaan.

7. Persamaan Naviel Stokes.
persamaan - persamaan ini menyatakan bahwa perubahan dalam momentum (percepatan) partikel-partikel fluida bergantung hanya kepada gaya viskos internal (mirip dengan gaya friksi) dan gaya viskos tekanan eksternal yang bekerja pada fuida. 

Sumber : 

0 komentar:

Posting Komentar