Top 10 Ahli Matematika Terhebat Sepanjang Masa

Sering disebut bahasa alam semesta, matematika adalah fundamental bagi pemahaman kita tentang dunia sehingga sangat penting dalam masyarakat modern seperti kita. Di mana-mana anda melihat perhitungan matematika telah membuat dampak bagi kehidupan, mulai dari keran di dapur anda sampai ke satelit yang menyambung ke televisi anda di rumah. Dengan demikian, tidak diragukan lagi bahwa ilmuwan matematika besar memiliki tempat tersendiri namanya dalam sejarah. Daftar ini berisi dokumentasi beberapa orang seperti itu. Mereka adalah orang-orang yang benar-benar menarik dan penemuan mereka sangat mencengangkan – sampai-sampai terlalu banyak untuk disertakan di sini.
10. Pythagoras dari Samos
ahli matematika
Ahli matematika dari Yunani, Pythagoras, dianggap sebagai salah satu ilmuwan matematika besar pertama. Hidup sekitar 570-495 SM, di masa Yunani modern, yang dicatat oleh Aristoteles sebagai salah satu dari kelompok pertama yang mempelajari secara aktif matematika di tingkat lanjut. Ia juga sering dikreditkan dengan Teori Pythagoras dalam trigonometri. Namun, beberapa sumber meragukan bahwa dia yang menemukan teori tersebut (Beberapa diatributkan pada murid-muridnya, atau Baudhayana, yang hidup sekitar 300 tahun sebelumnya di India). Terlepas dari perdebatan tersebut, efek dari teori itu, layaknya seperti sebagian besar matematika dasar, secara umum terasa sampai hari ini, dimana teori tersebut memainkan peranan besar dalam pengukuran modern dan peralatan teknologi serta menjadi dasar sebagian besar pengembangan teori-teori lain dalam matematika. Tapi, bukan seperti kebanyakan teori kuno, karena teori ini memainkan bantalan pada pengembangan geometri serta membuka pintu untuk mempelajari matematika lebih lanjut sebagai ilmu yang sangat bermanfaat. Dengan demikian, Ia bisa disebut bapak pendiri matematika modern.
9. Andrew Wiles
ahli matematika
Ahli matematika yang masih hidup dalam daftar ini, Andrew Wiles, yang terkenal dengan Teori Terakhir Fermat : Bahwa tidak ada bilangan bulat positif, a, b dan c dapat memuaskan persamaan a ^ n + b ^ n = c ^ n Untuk n lebih besar dari 2 (Jika n = 2 itu adalah Formula Pythagoras). Meskipun kontribusinya tidak untuk matematika yang sudah ada selama ini, mungkin, namun dia ‘menemukan’ sebagian besar matematika baru dalam pembuktian teori tersebut. Selain itu, dedikasinya sering dikagumi oleh sebagian besar orang, karena ia secara harfiah menutup diri selama 7 tahun untuk merumuskan solusi. Ketika ditemukan bahwa solusinya memiliki kesalahan, ia kembali ke kesendiriannya selama setahun sebelum solusi itu diterima. Untuk memasukkannya ke dalam perspektif bagaimana penemuan matematika barunya, anda bisa menghitung jumlah ilmuwan matematika di dunia, yang pada satu sisi dapat memahami dan memvalidasi buktinya. Meskipun demikian, efek tersebut kemungkinan hanya akan terasa meningkat seiring berjalannya waktu (dan semakin banyak orang yang bisa memahaminya).
8. Isaac Newton and Wilhelm Leibniz
ahli matematika
Kami menempatkan keduanya bersama-sama karena mereka berdua sering diberi kredit menjadi ‘penemu’ dari kalkulus modern, dan keduanya memberikan kontribusi monolitik ke lapangan. Untuk memulai, Leibniz diberi kredit untuk memperkenalkan notasi standar modern, terutama tanda integral. Ia membuat kontribusi besar untuk bidang Topologi. Sedangkan sang jenius Isaac Newton, karena memiliki karya ilmiah besar Principia, menjadi aktor utama yang dipuji oleh sebagian besar orang sebagai penemu sebenarnya dari kalkulus. Meskipun demikian, apa yang dapat dikatakan adalah bahwa kedua pria tersebut memberikan kontribusi yang sangat besar dan luas dengan caranya masing-masing.
7. Leonardo Pisano Blgollo
ahli matematika
Blgollo, juga dikenal sebagai Leonardo Fibonacci, adalah mungkin salah satu ilmuwan matematika terbesar dari abad pertengahan. Hidup dari tahun 1170 hingga 1250, ia paling diingat karena memperkenalkan Seri Fibonacci ke dunia barat. Fibonacci ini juga kemudian memberikan kontribusi besar terhadap pengenalan sistem penomoran Arab. Sesuatu dimana ia sering dilupakan.
Setelah menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Afrika Utara dimana ia belajar sistem penomoran Arab, ia menyadari bahwa sistem tersebut jauh lebih sederhana dan lebih efisien dibanding angka Romawi besar, sehingga ia kemudian memutuskan melakukan perjalanan ke dunia Arab untuk belajar dari ilmuwan matematika terkemuka disana. Setelah kembali ke Italia pada 1202, ia menerbitkan bukunya Liber Abaci, dimana angka Arab diperkenalkan dan diterapkan pada banyak situasi dunia serta lebih dianjurkan penggunaannya. Sebagai hasilnya, sistem ini secara bertahap diadopsi dan hari ini ia dianggap sebagai pemeran utama dalam pengembangan matematika modern.
6. Alan Turing
ahli matematika
Ahli komputer dan kriptanalis Alan Turing dianggap oleh kebanyakan orang sebagai salah salah satu pemikir terbesar dari abad ke-20. Setelah bekerja dalam Sekolah Kode dan Sandi milik Pemerintah Inggris selama perang dunia kedua, ia membuat penemuan penting dengan menciptakan metode pemecah kode yang akhirnya akan membantu dalam memecahkan kode Enkripsi Enigma milik Jerman. Tidak diragukan lagi, buah karyanya mempengaruhi hasil dari perang, atau setidaknya dalam skala waktu.
Sebelum perang, ia muncul dengan ide mesin hitung, dan dianggap sebagai salah satu ilmuwan komputer sejati yang pertama. Setelah perang berakhir, ia menghabiskan waktunya dalam bidang komputerisasi. Ia menulis berbagai makalah cemerlang tentang masalah komputerisasi yang masih relevan hingga saat ini, terutama pada Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), di mana ia mengembangkan tes Turing yang masih digunakan untuk mengevaluasi ‘intelijen’ sebuah komputer. Hebatnya, ia memulai pada tahun 1948 pada program catur komputer untuk mesin yang belum ada saat itu. Dia akan memainkan ‘bagian’ dari mesin dalam pengujian program tersebut.
5. René Descartes
ahli matematika
Ahli matematika, fisika dan seorang filsuf Perancis, Rene Descartes terkenal karena filosofi ‘Cogito Ergo Sum’ – nya. Meskipun demikian, warga negara Prancis, yang hidup antara 1596-1650 ini, membuat terobosan di bidang matematika. Di samping Newton dan Leibniz, Descartes membantu memberikan dasar-dasar kalkulus modern (yang dikembangkan oleh Newton dan Leibniz kemudian), yang dengan sendirinya memiliki pengaruh besar pada kehidupan modern saat ini. Selain itu, dan mungkin yang lebih akrab di kalangan masyarakat umum, adalah pengembangan tentang Cartesian Geometri, atau akrab disebut grafik standar (garis grid Square, sumbu x dan y, dll.) dan penggunaan aljabar untuk menggambarkan berbagai lokasi pada grafik. Sebelumnya, perhitungan geometri menggunakan kertas biasa (bisa juga bahan lain atau bidang permukaan) untuk menampilkan bentuk mereka. Jarak tersebut harus diukur secara harfiah, atau skala . Dengan diperkenalkannya Cartesian Geometri, hal ini berubah secara dramatis, poin sekarang dapat dinyatakan sebagai titik pada grafik, dan dengan demikian, grafik dapat ditarik ke skala apapun, serta titik-titik ini tidak perlu berbentuk nomor. Kontribusinya yang terakhir adalah pengenalan tentang superscripts dalam aljabar untuk mengekspresikan kekuatan. Dan dengan demikian, seperti orang-orang dalam daftar ini, memberikan kontribusi terhadap pengembangan notasi matematika modern.
4. Euclid
ahli matematika
Tinggal di sekitar 300SM, ia dianggap sebagai Bapak Geometri dan karyanya magnum opus: Elements, adalah salah satu karya terbesar dalam sejarah matematika dan di digunakan dalam bidang pendidikan sampai abad ke-20. Sayangnya, sangat sedikit yang diketahui tentang hidupnya, dan apa yang ada saat ini ditulis lama setelah kematiannya. Meskipun demikian, Euclid dikreditkan sehubungan dengan teori dan dugaan yang disertai bukti logis dan detil. Kerangka kerja tersebut masih digunakan sampai hari ini, dan dengan demikian, bisa dikatakan, ia memiliki pengaruh terbesar dari semua ahli matematika dalam daftar ini. Di samping Elements, lima karya yang masih bertahan lainnya, secara umum memiliki topik Geometri atau teori Nomor. Ada juga lima karya lain yang sayangnya, telah hilang sepanjang sejarah.
3. G. F. Bernhard Riemann
ahli matematika
Bernhard Riemann, lahir dari keluarga miskin pada tahun 1826, dan kelak menjadi salah satu ahli matematika terkemuka dunia di abad ke-19. Daftar orang-orang yang memiliki kontribusi untuk geometri sangatlah banyak, namun ia memiliki berbagai teori yang melambungkan namanya, yaitu: Riemannian Geometry, Riemannian Surfaces, Riemann Integral dan yang membuatnya terkenal adalah Riemann Hypothesis yang tingkat kesulitannya melegenda, dimana mendeskripsikan sebuah masalah yang sangat kompleks pada masalah distribusi bilangan prima. Diabaikan selama 50 tahun pertama sejak kemunculannya, mengingat hanya sedikit ahli matematika lain yang benar-benar memahami hasil karyanya pada waktu itu, hipotesanya kemudian dengan cepat bangkit menjadi salah satu pertanyaan terbuka terbesar dalam ilmu pengetahuan modern, membuat bingung bahkan matematikawan terbesar. Meskipun kemajuan telah dibuat, namun pergerakannya sangat lambat. Hadiah sebesar $ 1 juta telah ditawarkan dari Institut Matematika Clay untuk pembuktiannya berikut hampir pasti akan menerima Hadiah Nobel matematika. Dampak dari pembuktian diduga akan menjadi besar: sistem enkripsi Mayor dianggap akan ditembus dengan bukti tersebut, dan semua yang bergantung pada mereka akan runtuh. Selain ini, bukti hipotesis diharapkan dapat menciptakan ‘matematika baru’. Tampaknya, bahkan dalam kematian, hasil kerja Riemann mungkin masih membuka jalan bagi kontribusi baru di bidang matematika seperti yang ia lakukan dalam hidup.
2. Carl Friedrich Gauss
ahli matematika
Gauss sang Anak ajaib, berjuluk ‘Pangeran Matematika’, membuat penemuan besar pertamanya ketika ia masih remaja, dan menulis Disquisitiones Arithmeticae yang luar biasa, magnum opus-nya, pada saat ia berusia 21 tahun. Banyak yang telah mengetahui bahwa Gauss memiliki kemampuan mental yang luar biasa. Pejabat pemerintahan setempat mengenali bakatnya dan mengirimnya ke Collegium Carolinum sebelum ia berangkat ke Gottingen (pada saat itu merupakan universitas matematika paling bergengsi di dunia, dengan para mahasiswanya merupakan terbaik dari yang terbaik). Setelah lulus pada tahun 1798 (pada usia 22 tahun), ia mulai membuat beberapa kontribusi penting di bidang matematika, terutama teori nomor. Dia melanjutkan untuk membuktikan teori dasar aljabar, dan memperkenalkan gravitasi konstan Gaussian dalam fisika, serta banyak lagi – semua ini dihasilkan sebelum dia berusia 24 tahun! Ia terus melanjutkan pekerjaannya sampai kematian menjemputnya pada usia 77, dimana ia telah membuat kemajuan besar di bidang matematika dan hasil karyanya menggema dari waktu ke waktu.
1. Leonhard Euler
ahli matematika
Jika Gauss adalah Pangeran, Euler adalah Raja. Hidup tahun 1707-1783, ia dianggap sebagai ahli matematika terhebat yang pernah berjalan di planet ini. Dalam kehidupannya ia adalah pembuat terobosan dan setara dengan Einstein dalam hal kejeniusan. Kontribusi utamanya adalah dengan pengenalan notasi matematika termasuk konsep fungsi (dan bagaimana hal itu ditulis sebagai f (x)), singkatan fungsi trigonometri, ‘e’ untuk dasar logaritma natural (The Euler Constant), huruf Yunani Sigma untuk penjumlahan dan huruf ‘/ i’ untuk unit imajiner, serta simbol pi untuk rasio dari lingkar lingkaran dengan diameternya. Semuanya memainkan peranan besar pada matematika modern, dari penggunaan sehari-hari sampai perhitungan yang sangat kompleks.
Selain itu, ia juga memecahkan masalah Tujuh Jembatan Koenigsberg dalam teori graph, menemukan Karakteristik Euler untuk menghubungkan jumlah simpul, tepi dan wajah obyek, dan membuktikan balik banyak teori terkenal, serta temuan-temuan lain yang terlalu banyak untuk dituliskan dalam daftar ini. Selain itu, ia terus mengembangkan kalkulus, topologi, teori bilangan, analisis dan teori grafik serta masih banyak lagi – dan akhirnya ia membuka jalan bagi matematika modern dan semua rahasianya. Hal ini memungkinkan industri dan perkembangan teknologi meningkat pesat hingga saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar