Kisah Ada Blacjack, Wanita Eskimo yang Terdampar di Pulau Tidak Berpenghuni

Ada Blacjack

Nama wanita diatas adalah Ada Blacjack, dia adalah seorang wanita eskimo di rekrut di usia 23 tahun sebagai tukang jahit dan memasak oleh tim ekspedisi untuk menjelajah Arctic yang dipimpin oleh Vilhjalmur Stefansson.

Ada Blacjack tergiur bayaran US$ 50 dari tim ekspedisi. Satu-satunya tujuan Adamenerima ajakan tim ekspedisi untuk biaya pengobatan anaknya yang menderita TBC. Namun selama ekspedisi timnya mengalami naas. Hanya Ada yang selamat dan bertahan hidup selama dua tahun di pulau terpencil. Nasip Ada mirip sebuah film Robinson Crusoe yang terdampar di pulau kecil.

Pada musim gugur 1921 sebuah tim yang terdiri dari lima orang yang dipimpin oleh Vilhjalmur Stefansson, merencanakan untuk mengadakan ekspedisi Arctic tujuannya untuk mengklaim sebuah pulau di kawasan tersebut yang menjadi sengketa antara Kanada dan Inggris dengan nama Wrangel Island sebelah utara Siberia. Cewek Eskimo, Ada Blackjack (23) disewa oleh mereka dengan bayaran US$ 50 sebulan sebagai tukang memasak dan menjahit.

Ada Blackjack membutuhkan uang tersebut untuk membiayai anaknya yang menderita TBC, Rencana mereka berjalan selama 1 tahun, sementara perbekalan yang mereka bawa hanya cukup untuk 6 bulan saja. Mereka tidak dapat menemukan cukup makanan dan mulai kelaparan sehingga pada Januari 1923 tiga dari mereka mencoba mencari pertolongan.

Sementara Ada ditinggal bersama 4 orang laki-laki yang sakit untuk merawat mereka, waktu berlalu dan ketiga orang tersebut tidak pernah kembali dan ke 4 orang yang Ada rawat akhirnya meninggal juga. 

Ada bagaimanapun juga telah belajar untuk bertahan hidup sampai dia diselamatkan pada bulan Agustus 1923 oleh mantan rekan dari Stefansson’s. Uang yang dia peroleh dari ekspedisi itu kemudian ia gunakan untuk membawa anaknya berobat ke Seattle.

Fakta menarik : Ada mendapatkan semua gajinya selama 2 tahun mengikuti ekspedisi tersebut, namun ia tidak mendapatkan sedikitpun keuntungan dari buku yang sangat populer yang diterbitkan oleh orang lain dari kisah perjuangan hidupnya.

Meskipun dia satu-satunya orang selamat dalam ekspedisi, Ada Blackjack menjauhi publisitas dan mencoba menghilang dari pandangan publik, muncul hanya untuk membantah tuduhan bahwa dia telah bertanggung jawab atas kematian Knight. Dia meninggal pada tahun 1983.

0 komentar:

Posting Komentar