50 Keajaiban Tubuh Manusia


Nah, kali ini kita akan mencoba sedikit mengulik sebagian kecil dari keajaiban tubuh kita ini.

  • Sebenarnya tubuh kita dapat tetap bertahan hidup walaupun sebagian besar dari organ tubuh kita hilang. Semisal anda kehilangan lambung, limpa, 75% dari bagian hati, 80% dari panjang usus, satu buah ginjal, satu sisi paru-paru, dan organ-organ di dalam rongga panggul anda, anda akan tetap bertahan hidup, meskipun tentu tidak sesehat manusia dengan organ tubuh lengkap.
  • Selama kita hidup, kelenjar air ludah menghasilkan air ludah yang jumlahnya kurang lebih cukup untuk mengisi dua buah kolam renang ukuran sedang. Mungkin air ludah sering dianggap sepele, tapi taukah anda bahwa air ludah membantu pencernaan kimiawi di dalam rongga mulut? Hal itu pula yang membuat kita dapat merasakan nikmatnya sebungkus nasi padang atau sepotong pizza.


  • Sel terbesar di dalam tubuh manusia adalah sel telur (ovum), yang dihasilkan organ reproduksi wanita, indung telur (ovarium), pada saat masa subur. Sedangkan sel terkecil adalah sel sperma yang dihasilkan di dalam organ testis milik pria. Bahkan sel telur (ovum) adalah satu-satunya sel yang dapat dilihat dengan mata telanjang.
  • Otot terkuat yang dimiliki manusia bukanlah otot lengan (bisep dan trisep) milik binaragawan, melainkan otot lidah. Sedangkan tulang terkeras yang kita miliki adalah tulang rahang bawah (mandibula). Kita dapat mengangkat beban berat dengan kedua tangan bukanlah semata-mata berkat kekuatan otot lengan, melainkan karena adanya andil dari posisi sendi, tulang, dan tempat perlekatan otot lengan, bahkan posisi tubuh dan sudut kemiringannya menciptakan daya angkat yang luar biasa, hal tersebut dapat dihitung dengan rumus pesawat sederhana dan daya ungkit pada pelajaran fisika.
  • Kaki manusia tersusun atas 52 buah tulang-tulang kecil, dan jumlah tersebut merupakan 1/4 dari jumlah seluruh tulang di dalam tubuh manusia.
  • Kaki kita memiliki 500.000 buah kelenjar keringat dan dapat memproduksi lebih dari satu pint (0,568 liter) keringat perhari.
  • Asam lambung yang dihasilkan kelenjar di dalam lambung sesungguhnya cukup kuat untuk melelehkan pisau silet. Namun lambung kita dapat tetap utuh karena dinding lambung kita dilindungi oleh lapisan lendir (mukosa) dan karena sel-sel dinding lambung dapat beregenerasi begitu sering (setiap tiga hingga empat hari sekali).


  • Paru-paru manusia mengandung sekitar 2.400 km jalan udara dan 300-500 juta buah kantung udara (dengan luas seluruh permukaan 70 meter persegi, kurang lebih setara dengan luas setengah lapangan tenis). Dan apabila seluruh pembuluh darah kapiler (pembuluh darah halus) paru-paru disambung menjadi satu, panjangnya dapat mencapai 992 km.
  • Udara yang kita hembuskan saat bersin kecepatannya mnecapai 100 meter per jam, sedangkan kecepatan udara saat batuk mencapai 60 meter per jam.
  • Panas yang dihasilkan tubuh kita cukup untuk mendidihkan setengah galon air hanya dalam waktu 30 menit.
    • Tubuh kita mengandung ion mineral zat besi (Fe) yang cukup banyak untuk membuat satu buah paku sepanjang 3 inchi.
    • Kotoran telinga bukanlah sekedar kotoran, melainkan sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga kita. Kotoran telinga melindungi bgian dalam telinga kita dari bakteri, jamur, kotoran yang masuk, dan bahkan serangga. Kotoran telinga juga berfungsi untuk melubrikasi liang telinga.
    • Tiap orang memiliki aroma tubuh yang khas dan berbeda dengan orang lain, kecuali bagi mereka yang dilahirkan kembar identik, mereka memiliki aroma tubuh yang sama. 


    • Gigi kita sebenarnya sudah mulai tumbuh sejak kita masih berada di dalam kandungan, yaitu sekitar 6 bulan sebelum kita dilahirkan. Hal ini pula yang menyebabkan mengapa sekitar satu dari tiap 2.000 bayi yang lahir tampak telah memiliki gigi saat dilahirkan.
    • Panjang kepala bayi mencapai 1/4 panjang total tubuh bayi, tetapi ketika telah berumur 25 tahun panjang kepala manusia hanya sekitar 1/8 dari panjang total tubuhnya. Hal ini disebabkan karena kepala manusia memiliki rasio kecepatan pertumbuhan yang lebih rendah dibandingkan dengan kecepatan pertumbuhan badan dan anggota gerak tubuh.
    • Seorang bayi dilahirkan dengan 300 buah tulang di dalam tubuhnya, tetapi ketika telah dewasa jumlah tersebut berkurang menjadi hanya 206 buah tulang. Beberapa buah tulang, misalnya bagian-bagian tulang tengkorak, perlahan-lahan akan saling berfusi (bergabung menjadi satu dengan bagian tulang lain) dan menjadi satu struktur tulang tengkorak.
    • Tidaklah mungkin seseorang dapat menggelitik dirinya sendiri. Hal ini disebabkan karena pada saat kita akan menggelitik diri kita sendiri, otak akan mengirimkan sinyal waspada pada anggota tubuh, sehingga sikap/posisi tubuh, kontraksi otot, dan respon sensoris telah disiapkan untuk menerima rangsang tersebut, pada akhirnya kita tidak akan merasa geli.
    • Hanya kurang dari 1/3 dari seluruh jumlah manusia yang memiliki penglihatan sempurna (visus 20/20), hal ini berarti hanya satu dari tiga orang yang dapat melihat dengan sempurna.
    • Hidung manusia dapat mengingat 50.000 jenis bau yang berbeda, dan wanita memiliki indera penciuman yang lebih tajam dari pria serta dapat mengingat seluruh bau-bauan tersebut dengan lebih baik.


    • Panjang seluruh pembuluh darah yag ada di dalam tubuh manusia apabila disambungkan menjadi satu dapat mencapai 60.000 mil.
    • Tiga hal yang paling sering muncul dalam mimpi seorang wanita hamil adalah katak, cacing, dan tanaman di dalam pot. Para peneliti masih belum mengetahui secara pasti penyebab hal ini, mereka memperkirakan hal ini kemungkinan disebabkan karena pengaruh perubahan hormonal selama kehamilan.
    • Usia rambut manusia rata-rata berkisar antara tiga hingga tujuh tahun, dan tiap hari manusia kehilangan sekitar 60 sampai 100 helai rambut. Tapi jangan khawatir, karena perubahan jumlah rambut anda baru akan dapat dilihat dengan mata telanjang apabila anda telah sekitar 50% dari seluruh jumlah rambut.


    • Sel otak manusia dapat menyimpan informasi hingga lima kali isi sebuah buku kumpulan ensiklopedi, otak menggunakan 20% dari seluruh oksigen yang terikat pada hemoglobin (sel darah merah) di dalam aliran darah manusia, sekitar 80% massa otak tersusun atas air, dan otak tidak dapat merasakan nyeri, otak hanya dapat mengirimkan sinyal rasa nyeri ke anggota tubuh atau organ yang dituju.
    • Gigi adalah satu-satunya bagian tubuh manusia yang tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri.
    • Ukuran bola mata manusia tidak pernah berubah sejak lahir, sedangkan ukuran hidung dan telinga akan terus bertambah.


0 komentar:

Posting Komentar