Seorang Bayi Terlahir Tetap Terbungkus Kantung Ketuban



Boja-Realifact Post-Saat masih dalam kandungan, bayi berada dalam sebuah kantung yang berisi cairan ketuban. Kantung ini akan pecah saat menjelang persalinan. Pada kasus yang amat jarang, bayi bisa dilahirkan dengan kantung ketuban yang masih utuh. Bagaimana bisa?

Kasus tersebut baru saja terjadi di Yunani. Lewat bedah cesar, dokter kandungan bernama Aris Tsigris berhasil membantu persalinan bayi yang masih 'berenang' dalam kantung ketuban. Menurut istilah kedokteran, kelahiran seperti ini disebut en caul atau terselubung.

Dr Tsigiris adalah dokter kandungan yang berpraktik di Marousi, bagian timur laut pinggiran kota Athena. Dia mengatakan bahwa kelahiran seperti ini amat jarang dijumpai dan lebih sering ditemui pada bayi yang dilahirkan prematur. Diperkirakan, tak sampai 1 dari 80.000 bayi dilahirkan secara en caul.

Menurut sebuah penelitian di tahun 2010, kelahiran en caul diduga membantu melindungi bayi prematur yang masih rapuh dari tekanan di dalam rahim. Sebagai orang yang membantu persalinan bayi tersebut, dr Tsigiris menyatakan kagum saat melihat bayi yang masih terbungkus kantung ketuban.

"Terkadang alam melampaui dirinya sendiri, bahkan membuat dokter kandungan terdiam," katanya seperti dikutip dari Medical Daily, Jumat (7/6/2013).

Walau dilahirkan dalam gelembung berisi cairan, keselamatan bayi tak akan terancam karena sejak dalam kandungan bayi juga mengalami hal yang sama. Dr Tsigiris mengatakan, bayi tersebut tidak berisiko tenggelam karena plasenta terus memberi makan nutrisi dan oksigen lewat tali pusat.

Tapi bayi tersebut tidak dibiarkan lama berenang dalam cairan ketuban setelah dilahirkan. Dia segera menghirup napas pertamanya setelah kantung ketuban dipecahkan lewat teknik bedah sederhana yang disebut amniotomi, yaitu mengait membran kantung agar terbuka.

Oleh dr Tsigiris, foto bayi tersebut diunggah ke facebook dan mendapat lebih dari 10.000 jempol 'like' dalam waktu 24 jam. Sampai bulan Juni ini, foto tersebut sudah di-'share' hingga lebih dari 8.000 kali dan mendapat hampir 800 komentar.

Pada abad pertengahan di Eropa, bayi yang lahir dengan kondisi serupa sering diasosiasikan dengan hal yang berbau mistis atau tanda-tanda kebesaran. Bidan yang membantu persalinan sering memberikan kantung empedu bayi kepada ibunya agar disimpan sebagai pusaka.

Pada tahun 2011 lalu, aktris Jessica Alba pernah melahirkan seorang putri yang lahir dalam kantung ketuban yang masih utuh. Bayinya kemudian diberi nama Haven.

0 komentar:

Posting Komentar