Fakta-fakta Menarik Dunia Hewan

Ada begitu banyak spesies di Bumi ini sehingga mendaftarkan fakta-fakta menariknya merupakan sebuah hal yang mudah. Berikut sejumlah besar fakta yang jarang diketahui dari dunia hewan.

  1. Seekor kamba (geep) adalah persilangan antara kambing (goat) dan domba (sheep)
  2. Satu-satunya mamalia berwarna ungu di dunia adalah Blesbok Afrika Selatan
  3. Mamalia terkecil di dunia adalah kelelawar lebah dari Thailand, dengan berat kurang dari satu koin
  4. Telur terbesar yang diketahui pernah ada adalah telur Aepyornis dari Madagaskar. Panjang telurnya 24 cm.
  5. Pichiciego adalah hewan tanah Amerika Selatan yang berkerabat dengan Armadillo hanya saja lebih kecil. Bagian akhir nama hewan ini diturunkan dari bahasa Spanyol ‘ciego’ yang berarti ‘buta’
  6. Tidak ada hubungannya dengan ayam jantan, burung ayam jantan batu jantan (cock-of-the-rock) mendapat nama ‘ayam jantan’ karena penampilannya mirip dan juga senang bersabung. Betina spesies ini dipengaruhi kata ‘batu’ karena sifatnya yang mengeram dan membesarkan anak dalam daerah berbatu
  7. Populasi unta di dunia adalah sekitar 20 juta ekor
  8. Ada kurang dari seribu ekor panda raksasa saja yang ada di dunia
  9. Siput Afrika raksasa tumbuh hingga 33 cm dan mencapai berat dari setengah kilogram
  10. Armadillo raksasa memiliki seratus gigi, walaupun kecil dan rapuh
  11. Rubah terbang raksasa yang hidup di Indonesia memiliki rentang sayap hampir 2 meter
  12. Kura-kura raksasa dapat hidup lebih dari 150 tahun
  13. Gurita Pasifik raksasa dapat memasukkan seluruh tubuhnya ke dalam rongga yang tidak lebih besar daripada ukuran moncongnya. Cumi-cumi raksasa ini adalah mahluk terbesar tanpa tulang belakang. Beratnya hingga dua setengah ton dan panjangnya bisa mencapai 18 meter. Tiap mata dapat mencapai 30 cm atau lebih diameternya.
  14. Tikus, paus, gajah, jerapah, dan manusia semuanya memiliki tujuh vertebrae leher
  15. Jerapah berlari dengan kedua kaki di satu sisi bergerak bersama. Karena langkahnya yang panjang, jerapah sebenarnya lebih cepat dari kelihatannya. Pada saat prima, ia dapat lari 48 km per jam.
  16. Kura-kura, penyu, dan terapin tidak memiliki gigi. Mereka mempunyai rahang keras yang bertanduk yang mampu memotong dan merobek makanan.
  17. Jenis kelamin penyu ditentukan oleh suhu pasir saat pengeraman telur. Suhu hangat menghasilkan lebih banyak betina; suhu dingin menghasilkan lebih banyak jantan.
  18. Kura-kura telah bertahan hidup dari berbagai bencana selama dua ratus juta tahun, termasuk episode kepunahan massal yang memusnahkan dinosaurus. Sekarang, sekitar setengah spesies kura-kura dunia menghadapi kepunahan – terutama akibat meningkatnya kebutuhan kura-kura sebagai makanan dan sumber obat tradisional.
  19. Kura-kura hijau betina mengeluarkan air mata ketika bertelur di pantai. Hal ini mencuci partikel pasir dari matanya dan membuang kelebihan garam dari tubuh.
  20. Kucing liar dapat berlari 72 km per jam, sementara kelinci hanya mencapai kecepatan rata-rata 48 km per jam.
Blesbok



0 komentar:

Posting Komentar