Penemuan Fosil Dinosaurus Terbesar Diperkirakan Seberat 77 Ton


Penemuan fosil hewan purba memang selalu menjadi hal menarik untuk disimak. Apalagi jika fosil tersebut dari Dinosaurus yang berukuran super besar. Hal inilah yang ditemukan di Argentina baru-baru ini. Penemuan fosil Dinosaurus tersebut diperkirakan adalah spesies baru Titanosaurus. 

Tidak heran jika fosil tersebut dianggap terbesar karena dari ukuran tulang paha saja diperkirakan setinggi 20 meter dan panjangnya 40 meter. Beratnya pun fantastis sekitar 77 ton atau setara dengan berat 14 gajah Afrika. Meski ukurannya raksasa, namun para ahli menyatakan Dinosaurus ini kemungkinan bukan predator alias hanya memakan tumbuhan. 

Sejauh ini terdapat sekitar 150 tulang yang berhasil ditemukan oleh peneliti. Meski telah berusia puluhan juta tahun lalu, kondisi tulangnya masih sangat bagus. Lebih lanjut peneliti menjelaskan fosil Titanosaurus ini adalah jenis Dinosaurus Sauropoda. 

Salah satu ciri khas jenis ini adalah leher dan ekor panjang lalu kepala yang kecil dan berasal dari periode Cretaceous. Fosil Titanosaurus yang ditemukan kali ini lebih berat sekitar 7 ton, jika dibandingkan penemuan sebelumnya, Argentinosaurus. 

Dengan ukurannya itu, penemuan fosil ini langsung mengalahkan rekor Argentinosaurus yang sebelumnya dianggap terbesar. Argentinosaurus merupakan Dinosaurus dengan berat sekitar 70 ton dan diperkirakan hidup sekitar 90 juta tahun lalu. Seperti Titanosaurus, Argentinosaurus juga ditemukan di Argentina. 


Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00051389.html#ixzz32MnCLKbS

0 komentar:

Posting Komentar