Sungguh Langka, Sering Lupa Wajah Sendiri, Anak, dan Suami!

Sungguh kondisi yang langka, bagaimana bisa kedua bersaudara ini tidak mengenali satu sama lain meski hidup berbarengan, bahkan mereka mengaku sulit untuk mengidentifikasi orang-orang sekitar.
‘Kebutaan wajah’ ini dialami dua bersaudara Donna Jones dan Victoria Wardley. Mereka mengaku sulit mengenal orang lain meskipun telah mengenalnya selama bertahun-tahun. Bahkan mereka juga sulit mengenali wajah mereka sendiri di cermin.
“Ketika saya melihat wajah seseorang, yang terlihat seperti kanvas kosong. Walau sebenarnya masih bisa melihat mata atau hidung mereka. Tapi ketika mencoba melihat wajahnya secara keseluruhan, saya tidak bisa mengidentifikasi itu siapa,” ujar Victoria (32).
“Kami jarang sekali berfoto ria karena tidak berguna. Siapa yang ada dalam foto itu kami tak mengenalinya,” tambahnya, seperti diwartakan mirror.co.uk.
Kondisi yang serupa juga dialami adiknya, Donna (30). Ia sering merasa kesulitan mengidentifikasi suaminya di jalan, selain itu untuk mencari putrinya di tengah orang banyak juga mengalami kesulitan.
“Terkadang saya merasa bersalah. Saya harus mengingat wajah anak saya tapi itu sulit sekali dilakukan,” kata Donna.
Sama-sama memiliki ‘kebutaan wajah’, kedua kakak-beradik ini mengaku jarang pergi keluar bersama-sama. “Jika kita berpisah, kita tidak akan pernah menemukan satu sama lain lagi,” ucap Victoria.
Dr. Sarah Bate, dari pusat gangguan proses pengenalan wajah di Bournemouth University mengatakan, kondisi tersebut dikenal dengan porosopagnosia yang dapat menimpa satu dari 50 orang.
Bate menambahkan bahwa kondisi ini sangat jarang terjadi  dikarenakan rasa trauma, tapi mereka hanya gagal mengembangkan mekanisme visual yang diperlukan dalam pengolahan wajah.


 http://fokusjabar.com/2012/11/06/sungguh-langka-sering-lupa-wajah-sendiri-anak-dan-suami/

0 komentar:

Posting Komentar