Kengerian Kamp Nazi Dijurnalkan Lewat Diary Dokter

Kengerian kamp konsentrasi Nazi di Belsen, barat laut Jerman terungkap lewat buku harian seorang mahasiswa kedokteran. Kala itu, May 1945, Michael Hargrave (21) masih menjalani masa pelatihannya sebagai dokter.

Menjelang berakhirnya Perang Dunia ke II, Michael bersama 94 rekan mahasiswa lainnya dari Rumah Sakit Westminster, London, diberangkatkan untuk misi sosial. Mereka diberitahu, akan membantu para pengungsi yang kelaparan di Belgia dan Belanda.

Namun pada menit-menit terakhir, perjalanan mereka berubah haluan. Michael dan rekan-rekannya menuju misi lain di Belsen, Jerman. Di Kamp konsentrasi Belgen yang berada di Belsen, mereka menemui kengerian itu.

Michael dan rekan mahasiswanya adalah petugas medis pertama yang memeriksa tahanan yang kelaparan dan menderita siksaan serta sakit akibat para penyiksanya, tentara SS. Tanpa bantuan mereka, para tahanan Yahudi itu bakal mati. Namun yang menjadi tugas pertama Michael justru menguburkan 10 ribu mayat.

Kepada sang ibu, Michael kemudian merekam kengerian-kengerian kondisi para tahanan dalam sebuah jurnal yang telah dirilis untuk pertama kalinya, seperti dikutip dari laman Mirror.co.uk, Senin (25/11/2013).

"Pada 3 Mei 1945, kami pergi ke pondok dan hampir saja berbalik kembali karena mencium baunya. Lantas pemandangan selanjutnya mengejutkan kami. Tidak ada tempat tidur dalam ruangan yang dihuni sekitar 200 orang ini. Beberapa di antaranya tak berpakaian sama sekali," tulis Michael.

Dia menuturkan, di antara orang-orang itu, beberapa tampak benar-benar mengenaskan. Mereka terlihat nyata hanya tinggal tulang dan kulit saja. "Kami kembali ke ujung ruangan, diikuti teriakan lemah atau merengek." Beberapa hari berikutnya, Michael mengunjungi pondok lainnya, bernomor 217. Pondok ini merupakan yang terpadat yang pernah dilihatnya, dihuni 460 wanita. Hari-hari selanjutnya, Michael biasa menemui gelimangan tubuh orang-orang mati, penyakit seperti tifus, dan lainnya.

Catatan Michael kini terdokumentasikan lewat jurnal berjudul Bergen-Belsen 1945, A Medical Student’s Journal by Michael John Hargrave yang dipublikasikan oleh Imperial College Press. (Ndy)




0 komentar:

Posting Komentar