Foto pertama Muamba setelah dirawat

Foto diunggah oleh tunangan Muamba, Shauna, melalui Twitter.

Keluarga Fabrice Muamba mengunggah foto dirinya di ruangan rumah sakit melalui situs mikroblog Twitter.
Ini merupakan foto pertama gelandang Bolton tersebut setelah mengalami serangan jantung saat melawan Totteham di White Hart Lane 17 Maret silam.
Pemain berusia 23 tahun tersebut jatuh di lapangan setelah bermain selama 41 menit dan sempat dinyatakan ''meninggal'' selama 78 menit.
Dia sempat menerima bantuan pernafasan dan 15 kali alat kejut jantung sebelum tiba di rumah sakit jantung London Chest tempat dia dirawat hingga sekarang.
Foto ini diunggah ke Twitter atas nama tunangannya Shauna, yang mengatakan: ''Fab menginginkan saya untuk memuat foto ini untuk anda semua dan juga mengucapkan terimakasih untuk dukungan yang luar biasa.''
Saat ini dilaporkan bahwa dia sudah bisa menggerakkan tangan dan kakinya, bernafas tanpa alat bantuan dan mampu mengenali anggota keluarga dan merespon pertanyaan

Peran baru


Dr Andrew Deaner mengatakan pemulihan Muamba ini sebagai ''keajaiban''.
Dokter jantung ini berada di White Hart Lane untuk menyaksikan pertandingan dan menyeruak dari kerumuman penonton ke lapangan guna membantu Muamba.
Deaner mengatakan dia sangat senang dengan pemulihan Muamba yang dia sebut sudah bisa kembali bercanda hanya dua hari setelah mengalami serangan jantung.
"Saya membisikkan ke telinganya, 'Siapa nama kamu','' kata Deaner, dan Muamba menjawab dengan mengucapkan namanya.
"Saya katakan, 'saya tahu anda adalah pesepakbola yang sangat bagus'. Dan dia menjawab 'Saya coba'.''
Kepala eksekutif Asosiasi Pesepakbola Profesional, PFA, Gordon Taylor mengatakan: ''Melihat Fabrice Muamba tersenyum adalah berita terbaik tahun 2012.''
"Keluarga sepakbola yang berkumpul dan kualitas bantuan medis adalah sebuah berita yang bagus. Kami berharap dan berdoa ini akan terus berlanjut.''
Tidak diketahui apakah Muamba akan cukup sehat untuk kembali bermain sepakbola, tetapi Ketua Bolton Phil Gartside mengatakan klub akan mencarikan peran lain untuknya jika dia terpaksa harus pensiun.
"Dia akan berada di sini selama yang dia mau,'' kata Gartside.
Muamba tampil bersama Bolton Wanderers sebanyak 148 kali sejak pindah dari Birmingham dengan nilai £5 juta pada Juni 2008.

0 komentar:

Posting Komentar