Sepatu Tertua di Dunia



Para peneliti sibuk menggali dalam sebuah gua di Armenia beberapa bulan lalu. Dan aha, akhirnya mereka menemukan sesuatu. Apa itu? Hmm, tampaknya itu adalah sepatu. Tua sekali, kira-kira berusia 5500 tahun. Terbuat dari kulit sapi dengan tali-temali, alas kaki purbakala ini ditemukan di bawah gundukan kotoran domba, demikian ungkap New York Times.

Disamak dalam minyak tumbuhan, dan dipertegas dengan lubang tali dari kulit, umur sepatu yang pas bila dipakaikan di kaki kanan ini dilaporkan lebih tua dari stonehenge atau piramide Mesir. "Mungkin pada zaman itu, sepatu tersebut tergolong mahal, sebab terbuat dari kulit, dan berkualitas tinggi," ujar Gregory Areshian selaku pimpinan proyek dari Cotsen Institute of Archaeology, Universitas California. Sepatu tersebut diperkirakan 'hidup' pada zaman perunggu antara 3653-3627 SM. Pas bila dikenakan oleh wanita atau pria mungil sebab ukurannya bernomor 7.

Para peneliti juga menambahkan bahwa saat ditemukan, permukaan sepatu ditumbuhi dengan rumput dan lapisan tanah liat kuning, semua itu membuat bentuknya tetap utuh. Ah, mungkin manusia purba memang sengaja meninggalkannya untuk kita.


Source : http://www.unikaneh.com/2012/04/ditemukan-sepatu-tertua-di-dunia.html#ixzz1sYY3djBF

2 komentar:

  1. Mau sepatu baru? Di toko online sepatusae.com bisa beli yang baru.

    BalasHapus
  2. wwaaawww.... sepatunya menyeramkan... hahaha hebat juga bisa menemukan sepatu jaman dulu...

    cari kets,running,basket??? cek disini gan
    Jual sepatu kets murah

    BalasHapus