Biar Tak Rusak, Patung Budha Raksasa China Kini Pakai Baju


Situs patung Budha raksasa di China dikhawatirkan akan mengalami kerusakan parah karena faktor alam. Apalagi situs ini telah berumur sangat tua. Karena hal itulah patung Budha raksasa Mengshan di Taiyuan, Shanxi, China kini dalam kondisi memprihatinkan sehingga pemerintah memakaikan baju untuk melindungi situs tersebut.

Dilansir dari dailymail, patung Budha Mengshan ini telah berusia 1500 tahun yang dipahat langsung di dinding gunung Meng. Tetapi keberadaannya baru terungkap pada tahun 2005 lalu, dan masuk tahap restorasi mengembalikan bentuk aslinya.

Hingga saat ini baru bagian kepala yang selesai dikerjakan sehingga bagian tubuhnya masih berantakan. Paparan cuaca dan iklim selama 1.500 tahun merusak keseluruhan patung Buddha Mengshan. Untuk mengurangi kerusakan, ada tim lokal yang akhirnya menutup bagian tubuh patung setinggi 63 meter itu dengan kain seberat 400 kg.

Uniknya, kain berwarna kuning emas itu dibentuk jubah ala biksu lengkap dengan motif untuk hiasan. Model jubah itu pun menuai pujian karena bisa melindungi patung dari cuaca sekaligus menunjukan rasa hormat.

Memberikan baju pada patung Buddha merupakan praktik yang lazim di wilayah China. Jubah itu akan dipakai sang Buddha Mengshan hingga 7 Oktober yaitu saat hari libur nasional. Saat ini Asosiasi Perlindungan sedang mengumpulkan dana untuk merestorasi bagian tubuh patung.

Kondisinya keseluruhannya sendiri nyaris runtuh karena terpengaruh oleh penambangan batu baru di area sekitarnya selama bertahun-tahun. Akhirnya 7 tambang ditutup pada 2007 lalu untuk melindungi kelestarian patung yang dipahat tahun 551 ini.

0 komentar:

Posting Komentar