Karena Pengobatan Radioaktif Kanker, Seorang Ibu Dilarang Bersentuhan Dengan Anaknya

Seorang ibu tidak dapat memeluk anaknya karena ia mengidap kanker. Alasan yang paling utama karena pengobatan yang ia lakukan membuatnya menjadi radioaktif.

Emma Day, 27, telah mengambil dosis tinggi yodium sebagai bagian dari pengobatan untuk kanker tiroid yang ia derita. Memaksanya untuk tinggal di dalam ruangan isolasi, dan staff rumah sakit dilarang untuk dekat-dekat dengannya dalam jarak tiga meter selama 5 hari penuh.

Si kembar anak Emma dan suaminya



Namun, yang paling membuat Emma frustasi adalah ketika ia tidak dapat menyentuh anak-anaknya sendiri. Ia diizinkan pulang ke rumah setelahnya, dan dilarang melakukan kontak fisik dengan ketiga anaknya. Hal ini harus ia jalani selama tiga minggu, jika tidak maka akan terjadi kerusakan jaringan permanen pada tubuh ketiga anaknya. 

"Hal ini sangat sulit untuk dijalani, mereka masih terlalu kecil untuk memahami apa yang ibu mereka derita." Kata Emma yang terlihat sedih. Ia melihat ketika seorang psikologis kanker menerangkan situasi yang terjadi pada putri tertuanya, Emma sedikit lega karena putri tertuanya mau mengerti dan berpartisipasi.

Putri sulung Emma


"Aku menyusui si kembar selama lima bulan, dan kini tidak lagi, aku sangat merindukan mereka. Ini benar-benar terasa sulit sekali. Aku pikir keadaanku di rumah sakit sudah paling sulit, ternyata ketika sudah di rumah semuanya lebih sulit lagi."

Emma merasa sedih ketika ia bisa melihat anak-anaknya, tapi sama sekali tidak dapat menyentuh mereka. Meskipun ia sudah sangat frustasi dengan tiga minggu terisolasi dari anak-anaknya, namun ia yakin semua pengorbanan yang ia lakukan saat ini akan membuahkan hasil yang baik.

Dia didiagnosis dengan kanker tiroid pada bulan Januari setelah melihat dokter untuk benjolan di tenggorokannya. Awalnya ia hanya mengira tenggorokannya mengalami pembengkakan, tapi dokter di Gloucestershire Royal Hospital segera menyadari pertumbuhan itu adalah kanker. Setelah melakukan operasi, tonjolan itu telah berkurang setengah.

Memang untuk jenis-jenis kanker tertentu dibutuhkan pengobatan dengan yodium radioaktif - bentuk radioterapi internal. Perawatan melibatkan bentuk radioaktif dari elemen disebut yodium 131, diberikan sebagai minuman atau kapsul, yang beredar di seluruh tubuh dalam aliran darah.


0 komentar:

Posting Komentar