Penemuan Amfibi Terbaru Tidak Berkaki Di India

Baru-baru ini hasil penelitian Sathyabhama Das Biju dari Universitas Delhi dipublikasikan di Proceeding of the Royal Society B. Penelitian mengungkap famili baru Amfibi tidak berkaki yang ditemukan di wilayah timur laut India. Famili baru dari hewan tersebut bernama Chikilidae. Salah satu spesies yang ada dalam famili Chikilidae yaitu Chikila fulleri. Beberapa spesies dalam suku ini termasuk spesies endemik di wilayah India. Selain itu, suku ini menjadi anggota bangsa Caecilian yaitu golongan amfibi paling primitif. Anggota dari suku Chikilidae tumbuh hingga 1 m. Spesies anggota suku tersebut cukup gesit serta memiliki struktur serupa mata sebagai indera penglihatan. 

Meski beberapa spesies Chikilidae termasuk endemik di wilayah India, tapi para ilmuwan menduga bahwa Chikilidae masih ada hubungan dengan leluhurnya di Afrika. Sukunya terpisah dengan leluhur pada 140 juta tahun yang lalu. Kini bangsa Caecilian memiliki 10 famili setelah penemuan Chikilidae. 3 famili di India sementara sisanya di wilayah tropis Asia Tenggara serta Amerika. Adapun ciri khasnya yaitu tidak mempunyai kaki. Selain itu, bentuknya seperti ular ataupun cacing. Wajar jika banyak yang menganggap hewan itu beracun sehingga sering dibunuh. Famili baru tersebut memiliki 7 spesies baru. Spesies baru tersebut tergabung dalam suku yang berhasil diungkap keberadaannya setelah tim peneliti menggali tanah selama ribuan jam. 

Seperti dikutip Nature pada hari Selasa (21/2/2012), Sathyabhama Das Biju dari Universitas Delhi, pimpinan proyek riset mengatakan bahwa penemuan famili baru amfibi tidak berkaki ini menambah cabang dalam pohon kehidupan amfibi. Biju juga menambahkan bahwa sebenarnya anggota bangsa Caecilian memberikan keuntungan bagi petani. Hewan tersebut dapat membantu memusnahkan hama. Saat ini, keberadaan spesies Chikilidae terancam karena perusakan habitat dan industrialisasi. Karenanya butuh eksplorasi dan konservasi lanjut segera.


http://www.jelajahunik.us/2012/11/penemuan-amfibi-terbaru-tidak-berkaki.html

0 komentar:

Posting Komentar