Cacing Sepanjang Setengah Meter Hebohkan China


Cacing tanah raksasa ditemukan di wilayah Binchuan, Provinsi Yunnan, China. Cacing itu dikatakan raksasa sebab panjangnya mencapai setengah meter. Kontan, cacing ini membuat heboh.

Li Zhiwei, seorang karyawan di Dinas Kehutanan Binchuan, menemukan cacing itu saat mengeringkan buah di halaman rumahnya.

"Ini kelihatan seperti ular. Saya melihatnya dengan cermat dan menemukan bahwa hewan ini sebenarnya cacing tanah raksasa," kata Li seperti dikutip CNN, Minggu (2/9/2012).

Cacing tanah diketahui bisa tumbuh dengan panjang yang beragam sesuai lingkungannya. Namun, biasanya cacing ini tumbuh dari ukuran 1 sentimeter hingga belasan sentimeter saja. Ada cacing tanah di Afrika yang bisa tumbuh lebih dari 20 sentimeter, tetapi tergolong jarang.

Li dan tetangga sekitarnya mengatakan bahwa selama ini belum pernah ditemukan cacing tanah sepanjang cacing yang ditemukan itu.

Para biolog berencana mempelajari cacing ini. Pertumbuhan cacing tanah dipengaruhi oleh faktor makanan dan predator. Jika tumbuh di musim hujan, ukuran cacing bisa lebih besar selama ada makanan melimpah dan predator yang minim.

Penemuan ini tentu saja keren bagi Li. Ia berencana memelihara cacing tanah itu di halamannya.


http://forum.viva.co.id/internasional/508785-cacing-sepanjang-setengah-meter-hebohkan-china.html

0 komentar:

Posting Komentar