Jutaan Pengguna Lensa Kontak Terancam Parasit Pemakan Bola Mata


memakai lensa kontak
Jika anda merupakan salah satu dari jutaan orang yang menggunakan lensa kontak, maka berhati-hatilah dalam membersihkannya, karena para ilmuwan telah menukan adalnya parasit pemakan bola mata.
Para ilmuwan memperingatkan bahwa Amuba yang ditemukan dalam air keran ini, menggerogoti bola mata korbannya sehingga menyebabkan kebutaan.
Dikutip dari dailymail, parasit bernama Acanthamoeba ini ditemukan dalam debu, di laut, kamar mandi dan kolam renang, dan mengancam jutaan orang di seluruh dunia berada pada risiko.
Meskipun jumlah aktual dari infeksi parasit ini kecil, tapi pengobatannya panjang, menyakitkan dan tidak benar-benar efektif.
“Ini adalah masalah potensial untuk setiap orang yang memakai lensa kontak.” tutur Fiona Henriquez, dari Universitas West of Scotland.
Menurut Profesor Craig Roberts, dari Universitas Strathclyde, yang bekerja sama dengan Henriquez untuk menghasilkan solusi pembersihan lensa kontak yang lebih baik, mengatakan bahwa parasit ini ada di mana-mana.
Acanthamoeba merupakan parasit kecil bersel tunggal, dan memakan bakteri yang ditemukan pada lensa kontak yang kotor.
Bila lensa ini dimasukkan ke dalam mata, parasit ini mulai memakan kornea yang adalah lapisan luar bola mata, dan kemudian berkembang biak.
Gejalanya meliputi, mata gatal dan berair, penglihatan kabur, sensitivitas terhadap cahaya, pembengkakan kelopak mata atas dan rasa sakit yang hebat.
Bahkan menurut Graeme Stevenson, seorang ahli optik, penglihatan orang yang terinfeksi parasit ini dapat rusak secara permanen hanya dalam waktu satu minggu.
Dia menambahkan bahwa kebanyakan infeksi ini terjadi karena orang tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh dokter mata mereka.
Acanthamoeba memakan mata pengguna lensa kontak
Efek dari Acanthamoeba terhadap mata pengguna lensa kontak
“Membilas lensa kontak dengan air keran, atau memakai lensa kontak saat berenang atau mandi, meningkatkan risiko infeksi secara signifikan.” tuturnya.
Saran yang diberikan para dokter untuk menghindari infeksi ini adalah, dengan menjaga lensa kontak beserta wadahnya tetap bersih dan menggantinya secara teratur.

http://www.berita.manadotoday.com/jutaan-pengguna-lensa-kontak-terancam-parasit-pemakan-bola-mata/19093.html

0 komentar:

Posting Komentar