Okinawa Pulau Tersehat di Dunia


Pulau Okinawa di Jepang terdapat sebuah pulau yang diklaim sebagai pulau tersehat di dunia dengan ratusan warganya hidup sampai usia di atas 100 tahun. Terdapat 457 orang yang berusia di atas 100 tahun, sedangkan rata-rata usia hidup penduduknya berkisar antara 78 tahun untuk pria dan 86 tahun untuk wanita.
Seperti diberitakan Oddity Central, warga lanjut usia di Okinawa masih menikmati aktivitas seperti orang dengan usia produktif. Bahkan beberapa penduduknya ada yang masih aktif menekuni profesinya sebagai atlet bela diri. Mereka pun mengaku mempunyai prinsip turun-temurun agar tetap sehat hingga tua.

Mereka selalu ingat sebuah pepatah lama yang berbunyi, “Di umur 70, kau masih anak-anak. Umur 80, kau seorang pemuda. Jika di umur 90 ada seseorang dari surga yang mengajakmu meninggalkan dunia, katakan “Pergilah, datangi aku lagi saat usiaku sudah 100 tahun.”’
Selain itu rahasia unur panjang mereka adalah pola makan dan gaya hidup yang sehat dengan jarang mengonsumsi daging merah. Panganan dari daging yang sering mereka konsumsi hanya Mimiga, sajian dari telinga babi yang rendah lemak namun kaya akan kalsium.

Tanaman kentang dari Okinawa juga disebut sebagai yang terbaik di Jepang. Sebutir kentang Okinawa yang dipanggang mengandung 20.000 IU beta carotene dan vitamin A.
Para penduduk Okinawa juga menghindarkan diri dari stress, hal ini diakui seorang petani berusia 88 tahun yang masih giat bekerja selama 11 jam per hari.
“Saya jarang marah. Saya menikmati hidup karena saya senang dengan pekerjaan saya dan saya rasa, inilah kunci kebahagiaan dalam hidup,” ujarnya.

http://news.infospesial.net/read/414/okinawa-pulau-tersehat-di-dunia.html

0 komentar:

Posting Komentar