Penumpang Air France Patungan untuk Beli BBM


Penumpang pesawat Air France dimintai sumbangan untuk membeli bahan bakar. Pilot pesawat tersebut meminta keiklhasan penumpang untuk memberikan uang mereka supaya pesawat bisa terbang lagi.

The Telegraph memberitakan, penumpang terpaksa patungan sebab, pesawat tersebut terpaksa harus mendarat di Bandara Damaskus, Suriah, di wilayah yang tengah dilanda perang. Di kota tersebut, pihak Bandara tidak menerima pembayaran kartu kredit untuk pembelian bahan bakar (BBM).

Pesawat tersebut awalnya terbang dari Paris menunju Beirut, Libanon. Namun demikian, ketika hendak mendarat pilot mendapat kabar bahwa pertempuran pecah di jalanan dekat Bandara Beirut. Akibatnya, pilot harus mencari lokasi lain untuk mendarat.

Tadinya, pesawat akan didaratkan di Amman, Yordania. Namun, pilot sadar bahwa bahan bakar hampir habis, tidak cukup untuk mencapai Amman. Terpaksa pesawat dibawah ke Damaskus.

Sesampainya di darat di Damaskus, pilot dan awak pesawat memberitahukan kepada 174 penumpang bahwa kartu kredit milik perusahaan Air France tidak bisa digunakan untuk membeli bahan bakar karena Suriah sedang dikenai sanksi keuangan. Amerika Serikat dan sekutunya memberlakukan sanksi itu sehingga tidak ada bank atau institusi keuangan dunia yang bertransaksi dengan lembaga keuangan Suriah, termasuk transaksi kartu kredit.

Awak pesawat menyatakan membutuhkan uang tunai untuk membeli bahan bakar untuk bisa sampai di Siprus, negara terdekat yang aman untuk penumpang. Selama di Damaskus, penumpang dilanda ketakutan. Sebab, Prancis dan pemerintah Suriah memiliki hubungan buruk sejak perang meletus di negeri itu.

“Suasananya menakutkan, saya lihat dari jendela banyak orang menenteng senjata di dekat pesawat ujar Najib, salah seorang penumpang.

Menurutnya, ketika penumpang mulai memberikan sumbangan, masalah terpecahkan dan Air France mendapat bahan bakar. Sehingga penumpang batal dimintai sumbangan. Pesawat kemudian terbang ke Larnaca dua jam kemudian. Keesokan harinya, pesawat terbang kembali ke Beirut.


http://forum.viva.co.id/internasional/480899-penumpang-air-france-patungan-untuk-beli-bbm.html

0 komentar:

Posting Komentar