Air France Jatuh 2009, Pilot Lagi “Indehoi” Pramugari?

Air France bernomor penerbangan 447
Evakuasi bangkai pesawat terbang Prancis Air France yang hilang tiga tahun silam
Air France bernomor penerbangan 447 yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2009 menyimpan kisah yang mengejutkan. Sebab saat pesawat tersebut denagn mengalami masalah beberapa menit sebelum jatuhPilot pesawat ternyata tidak berada di kokpit pesawat.

Hal ini diketahui dari rekaman pembicaraan dari black box yang ditemukan April 2011, atau dua tahun setelah pesawat tersebut jatuh. Meskipun dalam Black Box Itu tidak menceritakan secara pasti mengapa sang Kapten Pilot Marc Dubois, lambat menangani masalah yang timbul dan mengakibatkan kecelakaan tersebut.

Namun dari sumber yang mengatakan kepada ABCNewsPilot sedang berduaan dengaPramugari yang cuti, namun ikut dalam penerbangan tersebut, Veronique Gaignard. Namun otoritas penerbangan perancis mengatakan bahwa mereka tidak tertarik menyelidiki kehidupan pribadi Pilot, termasuk dugaan sang Pilot, Marc Dubois sedang“indehoi” Gaignard.

Tercatat dalam Black Box, alat pencatat kecepatan pesawat berhenti berfungsi akibat badai yang terjadi. Akibatnya, sistem auto Pilot Airbus A 330 secara otomatis menggeser kendali dari Auto Pilot ke Manual. Disaat itulah Kapten Dubois tidak berada ditempat.

Karena tidak berada ditempat kemudi pesawat kemudian dikendalikan Co Pilot, Cedric Bonin, seorang Pilot 32 tahun yang memiliki kurang dari 5.000 jam terbang. Namun menurut catatan penerbangan hasil penyelidikan, Bonin belum pernah mengalami situasi sulit yang ekstrim seperti ini sebelumnya.

Akibatnya Sang Co Pilot Menarik Tuas kemudi kebelakang untuk menambah ketinggian pesawat otomatis hidung pesawat menuju ke atas yang adalah kesalahan. Akibatnya, terjadilah deep stallistilah dimana Pesawat akhirnya Jatuh dengan bagian ekor dan badan terlebih dahulu. Lazimnya saat badai, atau ditengah badai, Pesawat dijaga tetap seimbang atau sedikit turun untuk menambah daya angkat pesawat kembali.

“Tampaknya Pilot tidak memahami situasi dan mereka tidak menyadari bahwa pesawat telah terhenti,” kata Jean-Paul Troadec, Direktur BEA, otoritas Prancis yang melakukan penyelidikan atas kecelakaan penerbangan 447.

Dalam rekapan Di Black Box, bonin berungkali meminta pertolongan dan bertanya dimana Dubois, Sang Pilot berada, sebelum akhirnya sang Pilot sempat datang ke kockpit dan terlibat pembicaraan dan beberapa langsung Lost Comunication, tidak tercatat lagi pembicaraan.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi,” salah satu ko Pilot menjawab.
“Saya memiliki masalah … beberapa layar display mati,” kata Dubois.
“Apakah kita akan turun sekarang?” tanya Bonin cemas, sesaat sebelum pesawat jatuh. Semua penumpang dan awak pesawat Air France berjumlah 228 tewas dalam musibah itu.
Berita secara resmi akan di rilis BEA, otoritas penerbangan Perancis pada tanggal 5 Juli 2012 ini terkait kecelakaan tiga tahun lalu tersebut.


http://www.abcidia.com/air-france-jatuh-2009-pilot-lagi-indehoi-pramugari/1865.html

0 komentar:

Posting Komentar